Danau Toba

Obyek Wisata Batu Parsidangan di Huta Siallagan

Danau Toba adalah danau yang kawahnya terlahir dari letusan Gunung Toba (SuperVolcano) ribuan tahun yang lalu, letusan ini meninggalkan beberapa destinasi geosite yang berada di kawasan danau toba. Salah satu destinasi geosite kaldera Toba ini adalah Batu Parsidangan di Huta Siallangan Desa Ambarita Kecamatan Simanindo Pulau Samosir.

Huta Siallagan ini dikelilingi oleh tembok setinggi 1,5 hingga 2 meter tersusun dari bebatuan alami. Huta adalah kampung dan Siallagan adalah nama Raja pendiri kampung ini.

Revitaslisasi Huta Siallagan

Dulunya, tembok ini adalah sebagai pelindung kampung dari serangan suku lain ataupun dari binatang buas. Kampung ini dibangun oleh Raja Siallagan, kemudian diwariskan secara turun temurun kepada generasinya pastinya yang bermarga Siallagan.

Di Huta Siallagan ini terdapat 8 rumah tradisional Batak yang yang diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun sebagai tempat tinggal Raja Siallagan dan keluarganya. Batu parsidangan berada tepat di tengah kampung Siallagan melingkar mengelilingi sebuah meja bundar dan disekelilingnya terdapat patung yang terbuat dari batu dan ada juga satu tempat untuk tempat pancung.

Batu Parsidangan Huta Siallagan

Kata parsidangan memiliki arti sebagai tempat untuk bersidang, selain untuk bersidang batu parsidangan ini juga digunakan oleh Raja Siallagan untuk bermusyarawah/rapat. Orang batak pasti akan melakukan rapat sebelum melakukan acara dimana baik itu pada acara pernikahan, perumusan tugu, atau bahkan ingin dalam dukacita.

Meja dan kursi disini terbuat dari batu yang umurnya sekitar 200 tahun dan tempat ini dulunya adalah sebagai tempat untuk mengadili para penghianat atau kriminal pada kampung tersebut. Semua jenis kejahatan akan diadili oleh Raja dan tetuah yang ada di Huta Siallangan dan mereka mengelompokkan hukuman kepada pelaku dengan kejahatan yang kecil dan besar.

Jika kejahatan yang dilakukannya pelaku termasuk besar, maka akan dilakukan potong kepala berada di samping Batu Parsidangan yang dipisahkan dengan tembok batu. Namun jika kejahatan yang dilakukan pelaku adalah kecil maka akan dijatuhi hukuman pacung kaki.

Tempat Pacung kaki

Tanggal eksekusi pelakuknya pun mengacu kepada primbon suku Batak (Manitiari) dan hari paling lemah si pelaku, karena pelakunya diyakini memiliki ilmu hitam yang mungkin kebal pada hari-hari tertentu. Namun kalau sekarang segala kejahatan sudah berada pada domain Hukum negara sehingga tidak ada lagi hukum pacung yang dilakukan masyarakat disana.

Pada Februari 2022, Presiden Jokowi telah meresmikan revitalisasi Huta Siallangan menjadi lebih terawat lagi dan tetap terpelihara menjadi daya tarik para wisatawan di Samosir.

Kunjungan Presiden RI

Pada hari-hari tertentu dalam seminggu biasanya ada diadakan acara menari bersama dengan Sigale-gale kepada seluruh wisatawan yang berkunjung, Anda akan diberikan Ulos untuk menari bersama dan diiringi oleh musik khas Batak.

Sumber : Goodnewsindonesia

Sebelum kembali atau melanjutkan perjalanan ke destinasi lain, pastikan Anda mampir ke toko sovenir yang berada di Kawasan Batu Siallangan untuk kenang-kenangan dan oleh-oleh ke tempat Asal.

Pardamean

Loving Nature & Culture of Indonesia

Bagikan
Penulis by
Pardamean

Rekomendasi untukmu

Lirik Lagu Gotap ni Rohakki – Jun Munthe

Ito dang tarmaafhon au be hoHaccit lungun rohaku dibaen hoDang tarsuhatan be na ilu naung… Baca selengkapnya

4 days lalu

Lirik Lagu Tangiang Ni Dainang – Tagor Tampubolon

Tangiang ni dainang I namaparorot tondikiManang di dia pe au manang di dia pe auTontong… Baca selengkapnya

5 days lalu

Lirik Lagu Huta Namartuai – Viky Sianipar ft. Ogar Nababan

Di parbissar mataniari Hehe au sian podomani Mangullus ma alogo Da sian doloki tung hohom… Baca selengkapnya

5 days lalu

Lirik Lagu Horas, Singel Baru Dorman Manik, Pay Siburian, Alsant Nababan

Reff : Horas! Horas Tano Batak Horas! Untuk Tanah Batak Horas! Nang pangisi nai Horas!… Baca selengkapnya

5 days lalu

Lirik Lagu Hasian – Osen Hutasoit ft Jeje Sitorus

HasianNunga naeng onom ari dang marbarita hoNunga naeng ngali rohangku dao au sian hoAdong na… Baca selengkapnya

1 week lalu

Lirik Lagu Anis Gea – Andigan do Tuhan

Nunga dao simanjojaki Mangalakka tu desa na walui Dirohaku naeng ma nian muba Siadongan dohot… Baca selengkapnya

1 week lalu

This website uses cookies to learn more about your interest, so we can provide the proper content for you then.